Cara Video Call Telegram di Laptop beserta Langkah-langkahnya

  • Whatsapp

Fitur video call Telegram pada dasarnya memang hanya tersedia untuk para pengguna Android dan ponsel iOS. Namun bukan berarti pengguna tidak bisa melakukan video call dengan Telegram di laptop! Ada cara video call Telegram di laptop yang dapat digunakan dengan praktis. Ketahui selengkapnya dengan menyimak ulasan langkah-langkahnya berikut:

1. Unduh Bluestack

Sudah pernah mendengar Bluestack? Bluestack merupakan emulator Android terkini. Dengan menggunakan emulator, pengguna PC dan laptop bisa tetap menikmati berbagai konten dan aplikasi yang tersedia di ponsel pintar Android. Cara menggunakannya tidaklah susah, sama seperti mengakses Play Store di hp saja.

Langkah pertama dalam cara video call Telegram di laptop ialah dengan mengunduh Bluestack. Mengapa memerlukan Bluestack? Sebab fitur video call Telegram tidak tersedia di laptop, maka pengguna memerlukan bantuan aplikasi Android. Dapatkan bluestack dari situs resminya di https://www.bluestacks.com/ dan unduh versi Windows nya.

Usai Bluestack berhasil diunduh, buka Bluestack. Lakukan login akun Play Store seperti menggunakan di hp. Carilah aplikasi bernama Vidgram. Aplikasi ini akan digunakan sebagai pengganti dari fitur video call di Telegram. Tekan tombol unduh yang berada di samping nama aplikasi. Selanjutnya lakukan penginstalan aplikasi agar dapat digunakan.

2. Unduh Telegram for Windows

Meskipun tidak terdapat fitur video call untuk laptop, pengguna tetap harus mengunduh Telegram untuk bisa melakukan video call Telegram di laptop ini. Aplikasi Telegram yang terpasang di laptop nantinya akan dihubungkan dengan aplikasi Vidgram yang sudah diunduh dari Bluestack sebelumnya. Di samping itu, Telegram juga akan digunakan untuk menyimpan daftar kontak.

Dapatkan Telegram dari situs resminya. Kunjungi https://desktop.telegram.org atau melalui situs beli Microsoft. Pilih untuk mengunduh Telegram versi Windows atau desktop. Ikuti langkah-langkahnya dan lakukan penginstalan di laptop hingga proses selesai. Usai pengguna berhasil mendapatkan Telegram for Windows, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Pastikan Daftar Kontak Sudah Tersimpan

Langkah ketiga adalah memastikan daftar kontak di laptop. Berbeda dengan di hp, laptop atau PC jarang digunakan untuk menyimpan kontak nomor. Padahal, untuk melakukan panggilan video call di laptop, pengguna memerlukan adanya kontak yang tersimpan di perangkat yang sama. Untuk itu, pastikan pengguna memiliki daftar kontaknya terlebih dahulu.

Sayangnya, cukup sulit untuk menemukan aplikasi manajer kontak yang mendukung Telegram. Sebab Telegram yang diunduh untuk laptop haruslah versi terbaru, begitu juga dengan manajer kontak. Beberapa aplikasi manajer kontak sudah terlalu lawas dan tidak mendukung Telegram. Pastikan pengguna menggunakan manajer kontak yang compatible.

4. Nyalakan Telegram

Usai berhasil mengunduh Vidgram, Telegram, serta menyimpan kontak, buka aplikasi Telegram. Periksa daftar kontak di Telegram untuk mengetahui manajer kontak compatible atau tidak.

Buka Telegram dan Vidgram sekaligus. Tanpa memerlukan konfigurasi yang lebih mendetail, Telegram dan Vidgram akan terhubung secara otomatis jika sudah diinstal pada satu perangkat yang sama. Dengan demikian, pengguna cukup membuka Telegram untuk memilih opsi panggilan video call yang akan dilakukan oleh Vidgram.

5. Lakukan Panggilan Video Call

Pada aplikasi Telegram yang sudah terbuka, buka daftar kontak. Tekan nama kontak yang ingin dipanggil video call. Pada detail profil kontak tersebut, tekan ikon video untuk mulai melakukan panggilan video call. Selesai, pengguna bisa melakukan panggilan video call dengan Telegram di laptop. pengguna juga bisa mengatur nyala atau mati kamera.

Demikian langkah-langkah dari cara video call Telegram di laptop yang mudah dan praktis. Pastikan pengguna menggunakan laptop dengan spesifikasi yang mendukung Telegram untuk melakukan cara di atas.

Baca Juga: Pinjaman Online OJK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.